Muhamad Ridwan

Laki-laki, 17 tahun

Cicalengka, Bandung, Indonesia

percaya, yakin dan pasti itulah prinsip hidupku.
::
Start
Knowledge Of Computers
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Rabu, 12 Juni 2013

LAN Card

Pernahkah anda mendengar istilah LAN CARD?. Ya , LAN CARD adalah kartu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer dalam suatu jaringan / network. Disebut LAN karena jaringan yang dibuat bersifat local area atau area terbatas. Didalam lan card terdapat sebuah kartu jaringan yang selanjutnya disingkat sebagai NIC(Network Interface Cards). Sebuah NIC berfungsi sebagai jembatan penghubung antar jaringan komputer.



NIC / LAN Card yang umum dijual dipasaran :
  • NIC fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).
Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik (10), 100 Megabit/detik (10/100), 1 Gigabit/detik (10/100/1000).
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).
Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang dipetakan ke memori, Direct Memory Access (DMA), atau memory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro (jika menggunakan radio/jaringan tanpa kabel).
NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung, diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi.

  • NIC logis
NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.

  • WLAN (Wireless LAN)
Kita telah mengetahui dan mengenal tentang Local Area Network (LAN), dimana ia merupakan jaringan yang terbentuk dari gabungan beberapa komputer yang tersambung melalui saluran fisik (kabel). Seiring dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan untuk akses jaringan yang mobile (bergerak) yang tidak membutuhkan kabel sebagai media tranmisinya, maka muncullah Wireless Local Area Network (Wireless LAN/WLAN).
Jaringan lokal tanpa kabel atau WLAN adalah suatu jaringan area lokal tanpa kabel dimana media transmisinya menggunakan frekuensi radio (RF) dan infrared (IR), untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area disekitarnya. Area jangkauannya dapat berjarak dari ruangan kelas ke seluruh kampus atau dari kantor ke kantor yang lain dan berlainan gedung. Peranti yang umumnya digunakan untuk jaringan WLAN termasuk di dalamnya adalah PC, Laptop, PDA, telepon seluler, dan lain sebagainya. Teknologi WLAN ini memiliki kegunaan yang sangat banyak. Contohnya, pengguna mobile bisa menggunakan telepon seluler mereka untuk mengakses e-mail. Sementara itu para pelancong dengan laptopnya bisa terhubung ke internet ketika mereka sedang di bandara, kafe, kereta api dan tempat publik lainnya.
Spesifikasi yang digunakan dalam WLAN adalah 802.11 dari IEEE dimana ini juga sering disebut dengan WiFi (Wireless Fidelity) standar yang berhubungan dengan kecepatan akses data. Ada beberapa jenis spesifikasi dari 802,11 yaitu 802.11b, 802.11g, 802.11a, dan 802.11n seperti yang tertera pada tabel berikut :

Tabel 1. Spesifikasi dari 802.11
Spesifikasi
Kecepatan
Frekuensi Band
Sesuai Spesifikasi
802.11b
11 Mb/s
2.4 GHz
b
802.11a
54 Mb/s
5 GHz
a
802.11g
54 Mb/s
2.4 GHz
b , g
802.11n
100 Mb/s
2.4 GHz
b , g , n

Beriku Jenis - Jenis LAN Card Beserta Spesifikasinya :

 D-LINK DFE-580TX

Spesifikasi :
-4 Port UTP
-10/100 Mbps
-Auto-sensing
-32 bit PCI (Bus Master)
-PnP
-Server NIC



D-LINK DGE-530T



Spesifikasi:
- Port UTP
- 10/100/1000Mbps
- Auto-sensing
- 32-bit PCI-bus (Bus Master)
- PnP, VLAN


D-LINK DFE-528TX


Spesifikasi:
- Port UTP
- 10/100Mbps Auto-sensing,
- 32-bit PCI-bus 2.2 (Bus Master)
- PnP



HP Intel Pro 1000 PT

Spesifikasi:
- PCI Express Gigabit NIC
- 10/100/1000Base-T
- 1 x RJ-45


RTL8139C PCI lan card



Interface :PCI
Brand Name :TECHSKY
Application :Desktop
Type :Wired
Place of Origin :Guangdong China
Model Number :TS-NC101
Transmission Rate :10/100Mbps
Port :Shenzhen
Payment Terms :L/C,D/P,T/T,Western Union,Paypal
Minimum Order Quantity :1000 Piece/Pieces
Package :1pc/color or white paper box,100pcs/CTN or 1pc/bubble bag,200pcs/CTN or customized
Delivery Time :According to order quantity


3com Lan Card (3C905CX-TX-M)

Spesifikasi:
1. Media: 10BASE-T/100BASE-TX
2. Connectors: RJ-45
3. Bus: 32-bit, 33 MHz PCI
4. Operating distance (10BASE-T): Category 3/4/5 UTP to 100 m (328 ft)
5. Operating distance (100BASE-T): Category 5, 5e UTP to 100 m (328 ft)
6. IEEE compliance: 802. 3, 802. 3u, 802. 3x, 802. 1p/Q
7. Standards compliance: PCI 2. 1/2. 2, PC99/2001, DMI 2. 0s, ACPI, WfM, WOL, BIS, PXE, BOOTP, TFTP, DHCP
8. Drivers: Linux 2. 4, 2. 2; Windows XP, Me, 2000, 98, NT 4. 0; Novell NetWare 5
9. Managed by: Any SNMP management, including 3Com Managed PC Boot Agent Model: 3C905CX-TX-M
Unit Price/Payment: 5
Company: Shenzhen THDA Electronics Co., Ltd.

0 komentar: